::>>Subscribe

RSS Feed (xml)

::>>Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

--Assalamu Alaikum-- Welcome to my blog,Cafe Net Clinic.... More Than Just an Entertainment..Be closer to me and don't forget to leave your comment

Tuesday, April 7, 2009

Mobil Mikro Indonesia


Masih ingat Tata Nano? Mobil minimalis produksi dari Negara India yang menjadi mobil termurah di dunia yang dibandrol dengan harga 2.500 dolar As atau sekitar Rp. 24 juta. Indonesia melalui putra bangsanya juga tidak mau kalah dengan ciptaan Negara tersebut. Meski masih dalam proses penyempurnaan, mereka telah mempersiapkan microcar.


Mobil cilik roda 4 bermesin sepeda motor bernama Arina (Armada Indonesia). Mobil ini akan menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc dengan panjang 2,21 meter buatan Unnes (Universitas Negeri Semarang) ini, ternyata cukup menyita perhatian masyarakat saat dipamerkan dalam ajang gelar kreativitas Unnes, baru-baru ini.

Katanya sih ide ini berawal saat fenomena kendaraan roda tiga (three wheeler motor bike) semakin tinggi. Sedang kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan niaga beroda tiga juga cukup tinggi. Di satu sisi, kendaraan jenis ini bisa mengisi kekosongan, yang selama ini tak dapat dilakukan pick up pada medan dengan jalan sempit. Sebagai tambahan lagi mobil Arina ini juga bisa dijadikan sarana pengangkutan barang di bawah 600 kg. Bersama mahasiswa Teknik Mesin yang tergabung dalam kelompok creativity and research club (CRC), terciptalah microcar yang sama sekali berbeda dengan produk sejenis dari India, Cina, Eropa, dan AS.

Mobil Arina dirancang menggunakan mesin sepeda motor, dengan kapasitas bahan bakar 4 liter. Modifikasi dibuat menarik, dengan stir bundar, bukan stang sepeda motor. Sedang mesin berada di luar kabin, tak menyatu dengan tempat pengemudi.
Penumpang, nampaknya tak perlu khawatir kesakitan saat mobil ini melaju di jalan yang tak rata. Teknologi shock breaker membuat respon ban dengan ukuran 3.50 - 10 lebih nyaman dilengkapi rem cakram. Sedang suku cadang juga mudah ditemukan di pasaran, karena 100 persen buatan Indonesia.

Mobil Arina sendiri sudah resmi didaftarkan di Depkumham RI untuk digunakan sebagai mobil mikro di pasar Indonesia. Nah, bagaimanapun Arina adalah produk yang dibidani dan dilahirkan dari rahim dunia pendidikan, meski untuk dapat berkiprah sebagai kendaraan nasional, masih butuh berbagai dukungan.

Anda yang penasaran dengan mobil mikro Arina, pengen menyentuh atau sekadar melihat-lihat mobil ini?
Jangan kemana-mana di bulan Mei mendatang. Soalnya Arina bakal diperlihatkan di Pameran Produksi Indonesia (PPI) yang digelar di Kemayoran, Jakarta Utara pada 13 sampai 17 Mei mendatang.

0 komentar:

Post a Comment

Hal-hal yang perlu diperhatikan :
- Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
- Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
- Tidak beriklan di kolom komentar ini.
- Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
- Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota blogspot, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
(pada kolom comment as,pilih anonymous kalo Anda tidak memiliki URL dan semacamnya, n tulis nama kamu juga yah...)